Friday, 8 November 2013

Soal SMK Kelas XI Teknik Sepeda Motor, Ulangan Ahir Semester




1.      Berapakah jumlah roda gigi transmisi pada sepeda motor dengan 5 kecepatan :

a.       6 pasang roda gigi
b.      7 pasang roda gigi
c.       3 pasang roda gigi
d.      4 pasang roda gigi
e.       5 pasang roda gigi


2.      Yang bukan termasuk komponen dari mekanisme pemindah gigi adalah:

a.       Drum shift gear
b.      Shift fork
      c.       Plat bintang 
      d.      Lengan Pemindah Gigi
      e.       Input shaft
3. 







     Urutan nama komponen yang tepat adalah :
a.       Crankshaft, input shaft, output shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
b.      Crankshaft, output shaft, input shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
c.       Crankshaft, output shaft, drum shift gear&shift fork, input shaft,kick starter
d.      Crankshaft, drum shift gear&shift fork, input shaft, output shaft, kick starter
e.       Crankshaft, input shaft, drum shift gear&shift fork, output shaft, kick starter

 5. 


 Komponen yang berfungsi sebagai penahan drum shift gear supaya tidak netral ketika pedal persneling diinjak ke depan pada saat sepeda motor berjalan adalah nomor…..


a.       5
b.      20
c.       1
d.      5
e.       16


5.      Pada soal nomor 5, gigi manakah yang berfungsi sebagai gigi 3

a.       5&6
b.      7&6
c.       1&3
d.      5&6
e.       7&8


6.      Untuk memperkaya campuran bahan bakar pada saat kondisi udara di sekitar kita dingin adalah fungsi dari:
a.       Choke valve                                         d.   Slow jet
b.      A C V                                                  e.   Float valve
c.       Main jet                                              

7.      Urutan kerja yang benar jika membersihkan saringan udara yang terbuat dari elemen kertas berikut ini adalah:
a.      Disemprot dari arah: luar, dalam, luar, dst
b.      Disemprot dari arah: dalam, luar, dalam, dst
c.       Dicelup disolar, diperas, disemprot, dst
d.      Disemprot, dilumasi oli, dst
e.       Disemprot dari dalam, luar, dalam dan setelah itu dilumasi pakai oli

8.      Pada saat mesin putaran tinggi dan tiba-tiba handel gas dibuka pada sepeda motor dengan karburator jenis TPFC komponen yang bekerja adalah :
a.       Main jet                                                           d.   Air srew
b.      Slow jet                                                            e.   Trotel stop srew
c.       Main jet & pompa akselerasi

9.      Gunanya pelampung pada karbutaror adalah
a.       Untuk mensuplai pemasukan bensin pada putaran tinggi
b.      Untuk mengapung di dalam cairan bahan bakar
c.       Untuk mengatur pemasukan bahan bakar ke ruang pompa akselerasi TPFC
d.      Untuk mengatur tinggi rendahnya bahan bakar
e.       Untuk mensuplai pemasukan bensin pada putaran rendah

10.  Campuran miskin pada karburator adalah :
a. Perbandingan 1 : 10
d. Perbandingan 1 : 15
b. Perbandingan 1 : 12
e. Perbandingan 1 : 17
c. Perbandingan 1 : 13


11.  Salah satu penyebab terjadinya mesin berasap berwarna hitam pada sepeda motor 4 tak adalah :
a.       Banyak arang yang mengendap di dalam ruang bakar
b.      Pemakaian tingkat panas busi yang keliru
c.       Tekanan kompresi rendah
d.      Campuran terlalu kaya
e.       Ring oli bocor

12.  Rumus untuk menghitung gaya adalah :
  1. F = P x A                                                         d. A = F x P
  2. F = P / A                                                          e. P = F x A
  3. F = A / P
13.  Satuan dari tekanan adalah
  1. Newton                                                            d. Ampere
  2. Kpa                                                                  e. Watt
  3. M2
14.  Satuan dari luas penampang adalah :
  1. Newton                                                            d. Ampere
  2. Kpa                                                                  e. Watt
  3. M2
15.  Diketahui gaya = 40 N, luas penampang = 40 mm 2 berapa tekanan yang timbul ?
a.       1600 Kpa                                                        d. 1000 Kpa
b.      160 Kpa                                                          e. 100 Kpa
c.       16 Kpa

16.  Berikut ini adalah komponen sistem pengapian kecuali :
a. Coil
d. Regulator
b. Busi
e. Platina
c. CDI


17.  Prinsip kerja dari CDI adalah :
  1. Pengosongan muatan listrik pada kapasitor
  2. Pengisian muatan listrik pada kapasitor
  3. Pengosongan muatan listrik pada thyristor (SCR)
  4. Pengisian muatan listrik pada thyristor (SCR)
  5. Salah semua.
18.  Komponen dalam CDI yang berfungsi sebagai saklar elektronik menggantikan fungsi platina di sistem pengapian adalah :                                                                                                                                
a. Diode Zener
d. Tahanan
b. Diode
e. Platina
c. SCR


19.  Untuk melakukan pengukuran ignation primary coil pada supra smh terminal yang diukur  adalah :
a.   Hitam/kuning dan hijau
b.     Merah/hitam dan hijau
c.   Biru /kuning dan Hijau
d.     Biru /putih dan massa
e.    Hijau dan massa


20.  Untuk bisa menimbulkan pembakaran yang sempurna pada busi, diperlukan peralatan yang mampu meningkatkan tegangan yang tinggi. Peralatan tersebut adalah :
a. CDI
d. Pulser
b. Baterei.
e. Coil
c. Thyristor


21    Salah satu pengukuran yang dilakukan pada saat memeriksa rem tromol adalah
  1. Panjang brake lining
  2. Panjang kanvas rem
  3. Lebar kanvas rem
  4. Diameter sepatu rem
  5. Diameter tromol rem
22. Pemeriksaan ketebalan cakram rem untuk mengetahui  
  1. Batas servis dan keausan
  2. Batas servis dan kemiringan
  3. Batas servis dan ketebalan
  4. Batas servis dan kerusakan
  5. Batas servis dan kemiringan






23    Minyak rem yang digunakan pada sistem rem cakram adalah 
  1. DOT 3 dan DOT 5
  2. DOT 3 dan DOT 7
  3. DOT 3 dan DOT 6
  4. DOT 3 dan DOT 8
  5. DOT 3 dan DOT 4



24    Urutan pembongkaran brake caliper rem cakram adalah
  1. Keluarkan minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem,lepas bracket caliper, pegas kanvas dan karet tutup pin slide.
  2. Keluarkan minyak rem, lepas bracket rem dan pegas kanvas rem.
  3. Keluarkan minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem dan caliper rem serta master silinder.
  4. Keluarkan minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem dan tutup pin slide
  5. Keluarkan minyak rem, lepas kanvas rem dan caliper rem dan karet dust seal

25    Fungsi sistem rem pada kendaraan sepeda motor  adalah
  1. Menjaga kestabilan kendaraan bermotor
  2. Menjaga laju kendaraan bernotor.
  3. Mengurangi dan menghentikan laju kendaraan bernotor
  4. Menghentikan putaran mesin kendaraan bermotor
  5. Mengurangi putaran dan laju getaran roda

26    Fungsi sistem kopling pada sepeda motor adalah . . . .
a.     Meneruskan dan memutuskan putaran mesin.
b.     Meneruskan dan memutuskan putaran roda mesin
c.     Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke transmisi.
d.     Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke mesin.
e.     Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke roda belakang

27    Cara kerja kopling otomatis pada sepeda motor  bekerja berdasarkan . . . .  
a.       Tinggi dan rendahnya jalan yang dilalui sepeda motor
b.      Tinggi dan rendahnya putaran roda sepeda motor.
c.      Tinggi dan rendahnya putaran transmisi sepeda motor.
d.     Tinggi dan rendahnya putaran perseneling sepeda motor.
e.      Tinggi dan rendahnya putaran mesin sepeda motor

28    Tanda-tanda kampas kopling telah aus pada kendaraan bermotor antara lain . . . .
a.       Tenaga mesin terasa stabil, terutama ketika menanjak.
b.      Antara RPM mesin dan kecepatan tidak sebanding, contohnya seperti putaran  mesin tinggi  namun laju sepeda motor seperti tertahan
c.       Perpindahan gigi transmisi terasa lembut dan kasar, untuk transmisi matik terasa menghentak.
d.       Bahan bakar menjadi lebih hemat.
e.        Semua benar

29    Dibawah in sumber-sumber kerusakan pada sistem pemindah tenaga (kopling) antara lain, kecuali
  1. Jumlah kanvas kopling dan pelat gesek tidak sama
  2. Kopling macet dan pemindahan gigi transmisi keras
  3. Saat bekerja pemindah gigi terlalu lambat
  4. Kopling selip
  5. Gaya/gerak kopling tidak sama

30    Fungsi minyak pelumas/oli bagi sistem kopling sepeda motor adalah . . . .
a.      Sebagai pendingin dan melumasi rumah kopling saja
b.      Sebagai pendingin dan melumasi pelat kolping saja
c.      Sebagai pendingin dan pelumas bagian mesin
d.     Sebagai pendingin dan pelumas bagian transmisi saja
e.      Sebagai pendingin dan melumasi komponen kopling dan memperlembut gesekan antar komponen


Essay

1.      Jelaskan bagaimanakah mekanisme perpindahan gigi transmisi manual pada sepeda motor.
2.      Sebutkan 3 fungsi tutup tangki?
3.      Sebutkan 3 kegunaan prinsip hidrolik?
4.      Sebutkan 3 (tiga) cara menjaga agar kopling awet dan jelaskan 2 (dua) penyebab gangguan/kerusakan yang terdapat system rem.

1 comment: