a. 6 pasang roda gigi
b. 7 pasang roda gigi
c. 3 pasang roda gigi
d. 4 pasang roda gigi
e. 5 pasang roda gigi
2.
Yang bukan termasuk komponen dari mekanisme pemindah gigi
adalah:
Urutan nama
komponen yang tepat adalah :
a.
Crankshaft,
input shaft, output shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
b.
Crankshaft,
output shaft, input shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
c.
Crankshaft,
output shaft, drum shift gear&shift fork, input shaft,kick starter
d.
Crankshaft,
drum shift gear&shift fork, input shaft, output shaft, kick starter
e.
Crankshaft,
input shaft, drum shift gear&shift fork, output shaft, kick starter
5.
Komponen yang berfungsi sebagai penahan
drum shift gear supaya tidak netral ketika pedal persneling diinjak ke depan
pada saat sepeda motor berjalan adalah nomor…..
a.
5
b.
20
c.
1
d.
5
e.
16
5.
Pada
soal nomor 5, gigi manakah yang berfungsi sebagai gigi 3
a.
5&6
b.
7&6
c.
1&3
d.
5&6
e.
7&8
6.
Untuk memperkaya campuran bahan bakar pada saat kondisi udara
di sekitar kita dingin adalah fungsi dari:
a. Choke valve d. Slow jet
b. A C V e. Float valve
c. Main jet
7.
Urutan kerja yang benar jika membersihkan saringan
udara yang terbuat dari elemen kertas berikut ini adalah:
a. Disemprot dari arah: luar,
dalam, luar, dst
b. Disemprot dari arah: dalam,
luar, dalam, dst
c. Dicelup disolar, diperas, disemprot,
dst
d. Disemprot, dilumasi oli, dst
e. Disemprot dari dalam, luar,
dalam dan setelah itu dilumasi pakai oli
8.
Pada saat mesin putaran tinggi dan tiba-tiba handel gas
dibuka pada sepeda motor dengan karburator jenis TPFC komponen yang bekerja adalah
:
a. Main jet d. Air srew
b. Slow jet e. Trotel stop srew
c. Main jet & pompa akselerasi
9. Gunanya pelampung pada karbutaror
adalah
a.
Untuk mensuplai
pemasukan bensin pada putaran tinggi
b.
Untuk mengapung
di dalam cairan bahan bakar
c.
Untuk mengatur
pemasukan bahan bakar ke ruang pompa akselerasi TPFC
d.
Untuk mengatur
tinggi rendahnya bahan bakar
e.
Untuk mensuplai
pemasukan bensin pada putaran rendah
10. Campuran miskin pada karburator
adalah :
a. Perbandingan 1 : 10
|
d. Perbandingan 1 : 15
|
b. Perbandingan 1 : 12
|
e. Perbandingan 1 : 17
|
c. Perbandingan 1 : 13
|
11. Salah satu penyebab terjadinya
mesin berasap berwarna hitam pada sepeda motor 4 tak adalah :
a.
Banyak
arang yang mengendap di dalam ruang bakar
b.
Pemakaian
tingkat panas busi yang keliru
c.
Tekanan
kompresi rendah
d.
Campuran
terlalu kaya
e.
Ring
oli bocor
12. Rumus untuk menghitung gaya
adalah :
- F = P x A d. A = F x P
- F = P / A e. P = F x A
- F = A / P
13. Satuan dari tekanan adalah
- Newton d. Ampere
- Kpa e. Watt
- M2
14. Satuan dari luas penampang adalah
:
- Newton d. Ampere
- Kpa e. Watt
- M2
15. Diketahui gaya = 40 N, luas
penampang = 40 mm 2 berapa tekanan yang timbul ?
a. 1600 Kpa d.
1000 Kpa
b. 160 Kpa e.
100 Kpa
c. 16 Kpa
16. Berikut ini adalah komponen
sistem pengapian kecuali :
a. Coil
|
d. Regulator
|
b. Busi
|
e. Platina
|
c. CDI
|
17. Prinsip kerja dari CDI adalah :
- Pengosongan muatan listrik pada kapasitor
- Pengisian muatan listrik pada kapasitor
- Pengosongan muatan listrik pada thyristor (SCR)
- Pengisian muatan listrik pada thyristor (SCR)
- Salah semua.
18. Komponen dalam CDI yang berfungsi
sebagai saklar elektronik menggantikan fungsi platina di sistem pengapian
adalah :
a. Diode
Zener
|
d. Tahanan
|
b. Diode
|
e. Platina
|
c. SCR
|
19. Untuk melakukan pengukuran
ignation primary coil pada supra smh terminal yang diukur adalah :
a. Hitam/kuning dan hijau
|
b. Merah/hitam dan hijau
|
c. Biru /kuning dan Hijau
|
d. Biru /putih dan massa
|
e. Hijau
dan massa
|
20. Untuk bisa menimbulkan pembakaran
yang sempurna pada busi, diperlukan peralatan yang mampu meningkatkan tegangan yang tinggi. Peralatan tersebut adalah :
a. CDI
|
d. Pulser
|
b. Baterei.
|
e. Coil
|
c. Thyristor
|
21 Salah satu pengukuran yang dilakukan pada saat
memeriksa rem tromol adalah
- Panjang brake lining
- Panjang kanvas rem
- Lebar kanvas rem
- Diameter sepatu rem
- Diameter tromol rem
22. Pemeriksaan ketebalan cakram rem untuk
mengetahui
- Batas servis dan keausan
- Batas servis dan kemiringan
- Batas servis dan ketebalan
- Batas servis dan kerusakan
- Batas servis dan kemiringan
23 Minyak rem yang digunakan pada sistem rem
cakram adalah
|
|
24 Urutan pembongkaran brake caliper rem cakram adalah
- Keluarkan minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem,lepas bracket caliper, pegas kanvas dan karet tutup pin slide.
- Keluarkan minyak rem, lepas bracket rem dan pegas kanvas rem.
- Keluarkan minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem dan caliper rem serta master silinder.
- Keluarkan minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem dan tutup pin slide
- Keluarkan minyak rem, lepas kanvas rem dan caliper rem dan karet dust seal
25 Fungsi sistem rem pada kendaraan sepeda motor adalah
- Menjaga kestabilan kendaraan bermotor
- Menjaga laju kendaraan bernotor.
- Mengurangi dan menghentikan laju kendaraan bernotor
- Menghentikan putaran mesin kendaraan bermotor
- Mengurangi putaran dan laju getaran roda
26
Fungsi sistem kopling pada
sepeda motor adalah . . . .
a.
Meneruskan dan
memutuskan putaran mesin.
b.
Meneruskan dan
memutuskan putaran roda mesin
c.
Meneruskan dan
memutuskan putaran dari poros engkol ke transmisi.
d.
Meneruskan dan
memutuskan putaran dari poros engkol ke mesin.
e.
Meneruskan dan
memutuskan putaran dari poros engkol ke roda belakang
27
Cara kerja kopling otomatis
pada sepeda motor bekerja berdasarkan .
. . .
a.
Tinggi dan rendahnya
jalan yang dilalui sepeda motor
b. Tinggi dan rendahnya
putaran roda sepeda motor.
c.
Tinggi dan rendahnya
putaran transmisi sepeda motor.
d.
Tinggi dan rendahnya
putaran perseneling sepeda motor.
e.
Tinggi dan rendahnya
putaran mesin sepeda motor
28
Tanda-tanda kampas kopling telah aus pada kendaraan
bermotor antara lain . . . .
a.
Tenaga mesin terasa stabil,
terutama ketika menanjak.
b.
Antara RPM mesin dan
kecepatan tidak sebanding, contohnya seperti putaran mesin tinggi namun laju sepeda motor seperti tertahan
c.
Perpindahan gigi transmisi
terasa lembut dan kasar, untuk transmisi matik terasa menghentak.
d.
Bahan bakar menjadi lebih hemat.
e.
Semua benar
29
Dibawah in sumber-sumber kerusakan pada sistem pemindah
tenaga (kopling) antara lain, kecuali
- Jumlah kanvas kopling dan pelat gesek tidak sama
- Kopling macet dan pemindahan gigi transmisi keras
- Saat bekerja pemindah gigi terlalu lambat
- Kopling selip
- Gaya/gerak kopling tidak sama
30
Fungsi minyak pelumas/oli bagi sistem kopling sepeda
motor adalah . . . .
a.
Sebagai pendingin dan
melumasi rumah kopling saja
b.
Sebagai pendingin dan
melumasi pelat kolping saja
c.
Sebagai pendingin dan
pelumas bagian mesin
d.
Sebagai pendingin dan
pelumas bagian transmisi saja
e.
Sebagai pendingin dan
melumasi komponen kopling dan memperlembut gesekan antar komponen
Essay
1.
Jelaskan
bagaimanakah mekanisme perpindahan gigi transmisi manual pada sepeda motor.
2.
Sebutkan
3 fungsi tutup tangki?
3.
Sebutkan 3 kegunaan prinsip hidrolik?
4.
Sebutkan
3 (tiga) cara menjaga agar kopling awet dan jelaskan 2 (dua) penyebab
gangguan/kerusakan yang terdapat system rem.
5.
Sebutkan urutan rangkaian pengapian CDI-DC dengan benar!
Materi terkait :
Soal UAS Kewirausahaan Kelas XI
Soal UTS SMK Semester Gasal
Soal Kelas XII SMK TSM
Soal Kelas X SMK TSM
Soal Kelas X SMK TSM K3
Soal UAS SMK TSM
Soal Try Out UN SMK TSM
Soal Ulangan Sistem Bahan Bakar kelas XI TSM SMK
Soal Ulangan Sistem Pengapian Kelas XI TSM SMK
Soal Ulangan Sistem Injeksi Kelas XI TSM SMK
Materi terkait :
Soal UAS Kewirausahaan Kelas XI
Soal UTS SMK Semester Gasal
Soal Kelas XII SMK TSM
Soal Kelas X SMK TSM
Soal Kelas X SMK TSM K3
Soal UAS SMK TSM
Soal Try Out UN SMK TSM
Soal Ulangan Sistem Bahan Bakar kelas XI TSM SMK
Soal Ulangan Sistem Pengapian Kelas XI TSM SMK
Soal Ulangan Sistem Injeksi Kelas XI TSM SMK
jawabanya ada gan
ReplyDelete