KONSTRUKSI
KOMPRESOR TORAK
- saluran udara masuk
- katup isap
- torak
- batang engkol
- pena engkol
- poros engkol
BAGIAN-BAG IAN KOMPRESOR TORAK
Bagian-bagian dari kompresor torak terdiri
atas:
§ Komponen utama§ Komponen pembantu
1. Komponen utama
Komponen utama
yang membentuk mekanisme torak engkol terdiri atas:
§
torak
§
batang torak
§
engkol
§
silinder
a. Torak
Torak
berfungsi untuk mengisap dan menekan udara atau gas di dalam silinder, torak
terbuat dari bahan paduan aluminium. Supaya tidak terjadi kebocoran antara
torak dan silinder maka torak dilengkapi dengan cincin torak.
b. Batang torak
Batang
torak berfungsiuntuk menghubungkan gerakan engkol ke torak melalui pena engkol
dan pena torak, batang torak ini biasanya terbuat dari baja tempa dan difinish
dengan mesin. Hubungan gerakan dari engkol ke torak dapat dilakukan secara
langsung atau tidak langsung yaitu melalui kepala silang.
c. Engkol
Engkol
pada kompresor berfungsi untuk mengubah gerak putar dari motor penggerak
menjadi gerak bolak balik pada torak. Engkol terbuat dari baja tempa yang
difinish dengan mesin, engkol dipasang pada bantalan yang dilumasi dengan cara sentrifugal atau dengan
sistem cincin.
d. Silinder
Silinder
adalah tempat dimana torak bekerja mengisap dan menekan fluida yaitu udara atau
gas, silinder terbuat dari besi tuang dengan dindingnya yang diha],uskan,
dipoles dengan mesin. Selama kompresorbekerja mengisap dan menekan fluida maka
akan terjadi panas, oleh karena itu silinder perlu didinginkan. Silinder dapat
didinginkan dengan air atau dengan udara. Untuk silinder yang didinginkan
dengan udara maka sekeliling bodi dari silinder pada bagian luar dilengkapi
dengan sirip pendingin dengan maksud untuk memperlancar perpindahan panas,
sedangkan untuk silinder yang didinginkan dengan air maka silinder tersebut
dibuat berongga yang berisi dengan air yang dapat bersirkulasi, baik secara alam maupun dengan
cara sirkulasi paksa, yaitudengan pompa air pendingin.
2. Komponen pembantu
Komponen-komponen
pembantu lainnya terdiri atas:
a. Katup
Katup berfungsi
untuk mengatur pengisapan dan penekanan fluida, katup yang digunakan pada
kompresor
banyak macamnya di antaraya:
- Katupjari
- Katup bulu
- Katup pelat
- Katup cincin
- Katup kanal
Katup jari
terbuat dari baja pelat tipis dan
dipasang dengan cara dijepit pada salah satu ujungnya, sedangkan ujung
lainnya dalarn keadaan bebas yang berfungsi untuk membuka dan menutup lubang
katup.
2) Katup bulu
Katup bulu
yaitu katup yang terbuat dari plat baja tipis yang halus, lemas dan ringan.
Sarna halnya dengan katup jari, hanya perbedaannya kedua ujung dari katup dijepit,
sewaktu kompresor bekerja yaitu mengisap dan menekan maka katup melentur,
memegas sehingga terjadi menutup dan membuka lubang katup.
3) Katup
pelat
Katup pelat
dinamakan juga katup Rogler, yang terdiri atas rumah katup (A), baut pengencang
(B), mur penyetel (C), pelat pelindung atas (D), cincin (E), katup (F), cincin
penjepit (G) dan pelat pelindung bawah (H).
4) Katup cincin
Katup cincin terbuat dari pelat baja.tipis
dengan bentuk bergelombang seperti cincin, katup cincin terdiri atas: Dudukan, katup,
pegas, pelat penumpu, dan pelindung.
Katup kanal
terbuat dari baja kanal, c:li1engkapi dengan baja pegas daun yang melengkung.
Dengan bentuk kanal ini pegas mempunyai kekakuan dan ringan sehingga pada saat
bekerja dapat bergerak dengan cepat.
6. Roda
daya
Sebagai
komponeri pelengkap lainnya yaitu roda daya yangberfungsi untuk meratakan
putaran poros engkol. Pada roda daya ini dilengkapi dengan kipas yang berfungsi
untuk mendinginkan silinder dan kelengkapannya.
CARA KERJA KOMPRESOR TORAK KERJA TUNGGAL
Pada awallangkah isap torak berada pada titik mati
atas, engkol bergerak berputar menarik batang engkol sehingga torak bergerak
dari titik mati atas ke titik mati bawah, yang menyebabkan di dalam silinder
terjadi pembesaran volume dan pengecilan tekanan sehingga katup isap terbuka
dan udara luar masuk ke dalam silinder melalui katup isap.
Pada akhir
langkah isap atau pada awallangkah tekan, kedua katup isap dan katup tekan
dalam keadaan tertutup lihat gambar, torak bergerak dari titik mati bawah
ke titik mati atas, sehingga di dalam sinder terjadi pengecilan volume atau
pembesaran tekanan, yang menyebabkan katup isap tertutup dan katup tekan
terbuka,
udara masuk
dari silinder ke saluran tekan melalui katup tekan
Tertutup dan
terbukanya katup isap yaitu berdasarkan perbedaan tekanan antara udara luar
dengan tekanan udara di dalam silinder , sedangkan tertutup dan terbukanya
katup tekan yaitu berdasarkan perbedaan tekanan antara udara di dalam silinder
yang dikompresikan dengan tekanan udara yang berada di dalam tabung udara yang
bertekanan.
No comments:
Post a Comment