Wednesday 27 November 2013

KOMPRESOR TORAK , Meteri Konversi Energi Kelas X TSM SMK


KONSTRUKSI KOMPRESOR TORAK
Keterangan gambar :
  1. saluran udara masuk
  2. katup isap
  3. torak
  4. batang engkol
  5. pena engkol
  6. poros engkol

BAGIAN-BAG IAN KOMPRESOR TORAK
Bagian-bagian dari kompresor torak terdiri atas:
§  Komponen utama
§  Komponen pembantu

1. Komponen utama
Komponen utama yang membentuk mekanisme torak engkol terdiri atas:
§  torak
§  batang torak
§  engkol
§  silinder

a. Torak
Torak berfungsi untuk mengisap dan menekan udara atau gas di dalam silinder, torak terbuat dari bahan paduan aluminium. Supaya tidak terjadi kebocoran antara torak dan silinder maka torak dilengkapi dengan cincin  torak.
b. Batang torak
Batang torak berfungsiuntuk menghubungkan gerakan engkol ke torak melalui pena engkol dan pena torak, batang torak ini biasanya terbuat dari baja tempa dan difinish dengan mesin. Hubungan gerakan dari engkol ke torak dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung yaitu melalui kepala silang.
c. Engkol
Engkol pada kompresor berfungsi untuk mengubah gerak putar dari motor penggerak menjadi gerak bolak balik pada torak. Engkol terbuat dari baja tempa yang difinish dengan mesin, engkol dipasang pada bantalan yang  dilumasi dengan cara sentrifugal atau dengan sistem cincin.
d. Silinder
Silinder adalah tempat dimana torak bekerja mengisap dan menekan fluida yaitu udara atau gas, silinder terbuat dari besi tuang dengan dindingnya yang diha],uskan, dipoles dengan mesin. Selama kompresorbekerja mengisap dan menekan fluida maka akan terjadi panas, oleh karena itu silinder perlu didinginkan. Silinder dapat didinginkan dengan air atau dengan udara. Untuk silinder yang didinginkan dengan udara maka sekeliling bodi dari silinder pada bagian luar dilengkapi dengan sirip pendingin dengan maksud untuk memperlancar perpindahan panas, sedangkan untuk silinder yang didinginkan dengan air maka silinder tersebut dibuat berongga yang berisi dengan air yang dapat  bersirkulasi, baik secara alam maupun dengan cara sirkulasi paksa, yaitudengan pompa air pendingin.

2. Komponen pembantu
Komponen-komponen pembantu lainnya terdiri atas:
a. Katup
Katup berfungsi untuk mengatur pengisapan dan penekanan fluida, katup yang digunakan pada
kompresor banyak macamnya di antaraya:

  • Katupjari
  • Katup bulu
  • Katup pelat
  • Katup cincin
  • Katup kanal

1) Katup jari
Katup jari terbuat dari baja pelat tipis dan  dipasang dengan cara dijepit pada salah satu ujungnya, sedangkan ujung lainnya dalarn keadaan bebas yang berfungsi untuk membuka dan menutup lubang katup.
 
 2) Katup bulu
Katup bulu yaitu katup yang terbuat dari plat baja tipis yang halus, lemas dan ringan. Sarna halnya dengan katup jari, hanya perbedaannya kedua ujung dari katup dijepit, sewaktu kompresor bekerja yaitu mengisap dan menekan maka katup melentur, memegas sehingga terjadi menutup dan membuka lubang katup.
 
3) Katup pelat
Katup pelat dinamakan juga katup Rogler, yang terdiri atas rumah katup (A), baut pengencang (B), mur penyetel (C), pelat pelindung atas (D), cincin (E), katup (F), cincin penjepit (G) dan pelat pelindung bawah (H). 

4) Katup cincin
Katup cincin terbuat dari pelat baja.tipis dengan bentuk bergelombang seperti cincin, katup cincin terdiri atas: Dudukan, katup, pegas, pelat penumpu, dan pelindung.

5) Katup Kanal
Katup kanal terbuat dari baja kanal, c:li1engkapi dengan baja pegas daun yang melengkung. Dengan bentuk kanal ini pegas mempunyai kekakuan dan ringan sehingga pada saat bekerja dapat bergerak dengan cepat.







6. Roda daya
Sebagai komponeri pelengkap lainnya yaitu roda daya yangberfungsi untuk meratakan putaran poros engkol. Pada roda daya ini dilengkapi dengan kipas yang berfungsi untuk mendinginkan silinder dan kelengkapannya.

CARA KERJA KOMPRESOR TORAK KERJA TUNGGAL
Pada awallangkah isap torak berada pada titik mati atas, engkol bergerak berputar menarik batang engkol sehingga torak bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah, yang menyebabkan di dalam silinder terjadi pembesaran volume dan pengecilan tekanan sehingga katup isap terbuka dan udara luar masuk ke dalam silinder melalui katup isap.
Pada akhir langkah isap atau pada awallangkah tekan, kedua katup isap dan katup tekan dalam keadaan tertutup lihat gambar, torak bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas, sehingga di dalam sinder terjadi pengecilan volume atau pembesaran tekanan, yang menyebabkan katup isap tertutup dan katup tekan terbuka,
udara masuk dari silinder ke saluran tekan melalui katup tekan
Tertutup dan terbukanya katup isap yaitu berdasarkan perbedaan tekanan antara udara luar dengan tekanan udara di dalam silinder , sedangkan tertutup dan terbukanya katup tekan yaitu berdasarkan perbedaan tekanan antara udara di dalam silinder yang dikompresikan dengan tekanan udara yang berada di dalam tabung udara yang bertekanan.

No comments:

Post a Comment